Pendidikan dan Pembangunan

Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melaui kegiatan bimbingan,pengajaran atau latihan peranannya di masa yang akan datang .Tujuan dari pendidikan dan pembangunan adalah terciptanya SDM yang berkualitas.Dengan adanya SDM yang berkualitas maka pengangguran dan kemeleratan dapat diantisipasi.Esensi pembangunan bertumpu dan berpangkal dari manusia,bukan pada limgkungan.Pembangunan berorientasi pada pemenuhan hajat hidup manusia sesuai dengan kodratnya sebagai manusia. Jadi tegasnya bahwa pembangunan apapun jika berakibat mengurangi nilai manusiawi berati keluar dari esensinya.

Ikhtiar pendidikan dalam pembangunan berupa pembinaan pertumbuhan jasmani dan perkembangan rohani,serta memiliki tekad hidup dan keterampilan yang positip,artinya berusaha menghidupsuburkan potensi-potensi kebaikan dan sebaliknya mengurangi potensi-potensi kejahatan.
Potensi-potensi kebaikan yang prlu dikembangkan yaitu:
1.Kemampuan berusaha dan berkreasi
2.Kesediaan menerima kenyataan
3.Berpendirian dan bertanggung jawab
4.Mampu bekerjasama
5.menghormati hak orang lain

Sedangkan potensi-potensi kejahatan adalah bertolak belakang dari hal-hal tersebut.
Manusia dapat dikatakan sebagai subyek pembangunan karena ia dengan segenap kemampuannya menggarap lingkungan secara dinamis dan kreatip.
Jadi dapat disimpulkan bahwa:
1. Pendidikan merupakan usaha ke dalam diri manusia,sedangkan pembangunan merupakan usaha keluar dari diri manusia.
2. Pendidikan menghasilkan sumber daya tenaga yang dapat menunjang pembangunan dan hasil pembangunan dapat menunjang pendidikan.
Contoh: Dengan SDM yang berkualitas maka pembangunan di segala bidang akan dapat dengan mudah terlaksana,seperti pembangunan sekolah dan sarana pendidikan lainnya.Dengan adanya suatu sarana pendidiksan yang memadai maka akan tercipta suatu pandidikan yang berlangsung dengan baik dan efektip.

Adapun sumbangan pendidikan terhadap pembangunan dapat dilihat dari berbagai segi,yaitu:
1. Segi sasaran
Dimana yang menjadi sasaran pendidikan dan pembangunan adalah terciptanya Sumber Daya Pembangunan yang manusiawi.
2. Segi lingkungan
Yaitu untuk menunjang pendidikan dan pembangunan yang lebih maju dan modern,maka diperlukan sarana lingkungan yang cukup dan memadai.Jika lingkungan cukup dan memadai,maka pendidikan dan pembangunan akan berjalan lancar.
3. Segi jenjang pendidikan
Dimana pada jenjang pendidikan akan memberikan suatu bekal kepada peserta didik secara berkesinambungan.
4. Segi pembidangan kerja atau saktor kehidupan

Dimana tujuannya tiada lain yaitu agar dapat memenuhi hajat hidup warga negara sebagai suatu bangsa sehingga tetap jaya dalam kancah kehidupan antar bangsa di dunia.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa antara Pendidikan dan Pembangunan tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya,karena pendidikan dan pembangunan dapat saling mengisi,yaitu jika pembangunan terhambat maka secara otomatis pendidikan juga ikut terhambat,begitu juga sebaliknya.

0 komentar:

Poskan Komentar