Faktor yang menghalangi dan mendukung adanya perkembangan

a. Faktor yang menghalangi perkembangan

- Kemunduran tingkat perkembangan

Kemunduran tingkat perkembangan disebabkan oleh didikan yang kurang tepat pada anak, sehingga anak bukan mengalami kemajuan tapi malah mengalami kemunduran, misalnya anak dipaksa harus melakukan sesuatu yang belum saatnya untuk melakukan itu hal tersebut akan berpengaruh pada kemunduran tingkat perkembangan pada anak.

- Tidak ada bimbingan

Kurangnya bimbingan pada anak juga sangat berpengaruh, misalnya anak tidak dibimbing pada saat belajar berjalan, pasti anak tersebut tidak akan pernah bisa berjalan, dan walaupun bisa pasti tidak seperti anak normal biasanya, jadi bimbingan itu sangat perlu untuk perkembangan pada anak.

- Tidak ada motivasi

Motivasi disini sangat penting karena tanpa adanya motivasi si anak tidak akan pernah bisa melakukan sesuatu dengan baik, misalnya anak belajar berhitung, jika tidak ada motivasi dari orang tua atau saudara pasti juga anak tersebut tidak sebisa anak lainnya, karena tidak ada yang mendukung dia untuk melakukan hal tersebut.

- Kesehatan buruk

Jika seorang anak mempunyai kesehatan buruk, akan sangat mempengaruhi perkembangannya, misalnya si anak menderita kekurangan gizi, maka si anak tersebut tidak akan tumbuh seperti anak normal lainnya. Jadi kesehatan disini juga berperan sangat penting.

- Cacat tubuh

Jika seorang anak mengalami cacat tubuh maka akan sangat berpengaruh terhadap perkembangannya, misalnya anak tersebut mengalami kelumpuhan, maka anak tersebut tidak akan bisa berjalan dan otomatis pertumbuhannya juga terhambat.

- Tingkat kecerdasan rendah

Misalnya seorang anak memiliki IQ di bawah rata-rata maka anak tersebut tidak akan dapat menerima apa yang di ajarkan padanya dengan mudah, walaupun bisa mungkin tidak seperti anak yang lainnya.



b. Faktor yang mendukung perkembangan

- Perkembangan normal

Jika anak tumbuh secara normal, maka anak tersebut berkembang sesuai dengan yang diharapkan.

- Ada kesempatan dan bimbingan

Seorang anak jika dibimbing dalam mengerjakan sesuatu pasti akan sangat mendukung perkembangannya, anak akan lebih bisa melakukan sesuatu yang diajarkan dan lebih mudah mengerti.

- Motivasi

Dengan adanya motivasi anak akan bersemangat melakukan sesuatu yang diajarkan kepadanya, misalnya anak belajar berjalan, jika anak tersebut diberi motivasi maka dengan cepat si anak tersebut bisa berjalan.

- Kesehatan baik dan tidak cacat

Jika anak memiliki kesehatan yang baik dan tidak memiliki cacat tubuh maka perkembangan pada anak akan sangat mendukung sekali, karena si anak dengan mudah menerima dan menjalankan apa yang diajarkan pada mereka.

- Tingkat kecerdasan tinggi

Jika seorang anak memiliki kecerdasan tinggi atau IQ yang tinggi maka pasti anak tersebut akan sangat berkembang dan bisa juga lebih berkembang dari anak normal lainnya, seperti halnya anak yang dikatagorikan sebagai anak genius.

- Kreativitas

Biarkan anak berkreasi sendiri karena dengan adanya hal tersebut si anak bisa belajar mengenal sesuatu dan pastinya dengan pengawasan dari orang tua.

0 komentar:

Poskan Komentar