Satuan kecepatan baca data

Berikut satuan kecepatan data yang saya ketahui:
a.Bit, Singkatan dari binary digit (angka biner)- merupakan satuan data terkecil. Nilainya cuma 1 dan 0 walau kelihatannya sederhana, tapi dua angka inilah yang mengalir terus didalam PC, berputar dari processor, Motherboard, chip memory sampai keperangkat-perangkat penyimpanan data dan output lainnya atau sebaliknya.
b.Byte, terbentuk dari delapan bit. Sebuah byte merupakan kumpulan bit terkecil yang
dapat dimengerti komputer. Sebuah byte mewakili angka desimal dari 0 sampai 255. Byte juga digunakan untuk mewakili huruf-huruf, angka-angka, simbol-simbol lain dalam bentuk ASCII (American Standart Code for Information).
c.Kilobyte, Satuan kilo biasanya berarti seribu, tapi satu kilobyte tidak sama dengan 1.000 byte, jadi Komputer kan bekerja dengan sistem biner, maka satu kilobyte sebenarnya sama dengan 1.024 byte.
d.Megabyte, diatas kilobyte, kita menemukan satuan megabyte (MB). Dan itu artinya 1 MB sama dengan 1.048.576 byte, bukan sejuta byte. Memory komputer pada umumnya diukur dengan satuan ini. Misalnya, 64 MB, 128 MB, 256 MB, 512 MB dan seterusnya.
e.Gigabyte, satuan gigabyte sama dengan 1.024 MB. Biasanya satuan ini digunakan pada penyimpanan data yang besar seperti hardisk atau jenis flasdisk yang berkapasitas lebih dari seribu megabyte.
f.Terabyte, satuan terabyte sama dengan 1.024 Gb. Satuan ini merupakan satuan terbesar untuk sementara yang terdapat pada alat penyimpanan data.
g.Kilobit, satuan ini tidaklah sama denga satuan kilobyte. Kilobit (Kb) merupakan satuan ukuran kecepatan transfer data komputer. Satu kilobit sama dengan 1000 bit.
h.Megabit, dalam jaringan komputer yang besar, kecepatan transfer datanya bisa mencapai satuan ukuran yang lebih besar, yaitu megabit (Mb). Kabel yang digunakan dalam jaringan komputer dikantor contohnya, dapat mengirim dan menerima data sampai 100 Mb/s atau sama dengan seratus juta bit setiap detiknya. Coba lakukan perhitungan kembali. Bahwa kecepatan transfer setinggi itu (100 Mb/s) sama dengan kecepatan 11,9 MB perdetik.
i.Hertz (Hz), hertz sebenarnya adalah nama keluarga dari Heinrich Rudolf, ahli fisika Jerman yang menemukan satuan pengukuran frekuensi radio dan listrik. Begitulah asal satuan Hertz. Satu Hertz (1 Hz) berarti satu putaran gelombang radio per detik.
j.Megahertz (MHz), satu Megahertz berarti satu juta putaran tiap detik. Memang belum ada monitor yang bisa mencapai kecepatan seperti ini, namun lain halnya dengan processor komputer. Kecepatan 1 MHz bagi processor akan terasa amat sangat lambat. Kecepatan processor diukur berdasarkan kemampuannya melakukan kalkulasi dalam sedetik. Pada generasi PC pertama, kecepatan processornya masih menggunakan kecepatan MHz, yaitu 4,77 MHz.
k.Gigahertz (GHz), ada dua bidang di dunia komputer yang menggunakan satuan GHz, yaitu processor dan jaringan nirkabel. Bluetooth misalnya, menggunakan frekuensi 2,4 GHz. Sedangkan Wi-Fi memakai frekuensi 2,4 GHz sampai 5GHz.

0 komentar:

Poskan Komentar