Motherboard

Sering juga disebut mainboard, logic board, system board, atau disingkat dengan mobo. Matherboard merupakan komponen utama komputer. Tidak salah jika disebut dengan motherboard atau mainboard yang berarti " papan utama ". Motherboard penting karena menentukan kapabilitas ( kemampuan system ), misalnya :
  • Jenis dan jumlah memori RAM maksimal yang bisa dipasang pada komputer
  • Kecepatan maksimal processor yang didukung, tipe, serta merknya. Beberapa motherboard kelas atas mendukung dual processor ( dua processor dalam satu komputer ) untuk mempercepat kinerjanya.
  • Jenis expansion card yang bisa dipasang ( seperti PCI, ISA, AGP, PCI Express) dan jumlah slot yang tersedia.
  • Teknologi yang telah didukung, misalnya HT ( Hyper Threading ), jumlah port USB, firewire, dll
Secara umum, motherboard mempunyai fungsi berikut ini :
  • Organisasi, mengatur dan menentukan alat ( peripheral ) yang bisa dipasang pada komputer
  • Kontrol, di dalam motherboard terdapat chipset dan program BIOS yang berfungsi mengatur data komponen komputer lain
  • Komunikasi, hampir semua komunikasi harus melalui motherboard

1. Buku manual motherboard
Karena setiap motherboard mempunyai karakteristik yang berbeda-beda dan kadang dilengkapi dengan fitur khusus, pengguna membutuhkan buku manual yang harusnya sudah ada dalam kardus motherboard. Selain terdapat dalam bentuk hardcopy (kertas), sebagian besar motherboard juga memberikan manual berbentuk file dalam CD.

Manual motherboard yang baik, setidaknya berisi :
  • General information, merupakaninformasi umum seperti merk dan versi motherboard (model number), kontak, dan website. Informasi ini dibutuhkan jika anda mengalami masalah atau hendak malakukan update BIOS.
  • Assembly instruction, merupakan petunjuk perakitan seperti instalasi dan konfigurasi hardware. Biasanya juga dilengkapi dengan keterangan dan penjelasan dari komponen motherboard yang penting. Terdapat juga keterangan mengenai jumper.
  • BIOS manual, penjelasan tentang cara masuk ke dalam BIOS Setup dan fungsi menu di dalamnya.

2. Komponen Dalam Motherboard
Untuk lebih mengenal lebih dekat dengan motherboard, mari kita bahas komponen utama pada motherboard yang perlu diperhatikan. Pada dasarnya, semua motherboard memiliki komponen:
  • Soket atau slot processor : adalah tempat pada motherboard yang dipakai untuk menancapkan processor. Jenis soket atau slot pada motherboard terbaru selalu berubah untuk menyesuaikan dengan perkembangan processor. JEnis soket processor bisa berbeda-beda, tergantung merk dan tipenya. Setiap mainboard cenderung ditujukan untuk processor jenis tertentu saja. Jadi, jika mainboard menggunakan socket A (soket untuk processor AMD), maka processor intel 4 yang notabene tidak menggunakan soket A tidak dapat dipasang. Untuk mengetahui processor apa saja yang bisa dipasang, perhatikan chipset dan spesifikasi motherboard.
  • System chipset : adalah chip utama pada motherboard yang menentukan kemampuan motherboard secara keseluruhan. Chipset dibuat agar motherboard bisa memanfaatkan processor secara optimal. Karena itu, jenis chipset terus berubah sesuai dengan perkembangan teknologi processor, motherboard, dan peranti lain yang ditancapkan melalui bus system. Motherboard untuk processor intel banyak memakai chipset buatan intel, Via, dan Sys. Sedangkan untuk prosessor AMD banyak digunakan chipset buatan AMD, Nvidia, Via dan SIS.
Chipset yang dipasang pada motherboard biasanya dipisahkan menjadi chip north bridge (Bridge bertugas melakukan routing data antar bus dalam komputer) dan south bridge. Namun ada beberapa jenis chipset yang digabungkan menjadi satu. North bridge dipakai untuk mengatur komunikasi antara RAM, CPU, AGP, PCI Express, dan south bridge. Pada motherboard dengan kartu video (VGA) yang terintegrasi, north bridge-nya juga terdapat integrated video controllers. South bridge dipakai untuk komunikasi yang lebih lambat, misalnya operasi I/O peripheral seperti kontroller IDE, Kontroler DMA, USB, PCI bus, RAID, paralel, serial, dan port-port lainnya (termasuk keyboard dan mouse).

1 komentar:

w4hyoedi mengatakan...

sumbernya dari mana gan tulisannya?

Poskan Komentar