Pengertian Komputer

Pengertian Secara Umum
Secara umum Komputer dapat diartikan sebagai alat bantu bagi manusia untuk menyelesaikan pekerjaannya. Perangkat elektronik yang dapat dipakai untuk mengolah data dengan perantaraan sekumpulan program dan mampu memberikan informasi dari hasil pengolahan tersebut. Dalam bahasa indonesia sering ditulis dengan komputer.

Istilah Computer berasal dari kata Compute, yang berarti menghitung. Artinya, setiap proses yang dilaksanakan oleh komputer merupakan proses matematika hitungan. Jadi apapun yang dilakukan oleh komputer, baik penampakan pada layar monitor, suara, gambar, dll. diolah sedemikian rupa dari perhitungan secara elektronik.

Komputer adalah hasil dari kemajuan teknologi elektronika dan informatika yang berfungsi sebagai alat bantu untuk menulis, menggambar, menyunting gambar atau foto, membuat animasi, mengoperasikan program analisis ilmiah, simulasi dan untuk kontrol peralatan.

Bentuk komputer yang dulu cukup besar untuk mengoperasikan sebuah program, sekarang berbentuk kecil dengan kemampuan mengoperasikan program yang beragam. Perlengkapan elektronik (hardware) dan program (perangkat lunak/software) telah menjadikan sebuah komputer menjadi benda yang berguna.

Sebuah komputer yang hanya memiliki perlengkapan elektronik saja atau software saja tidak akan berfungsi. Dengan ada keduanya maka komputer dapat berfungsi menjadi alat yang berguna.


Pengertian Komputer (Sri Mulyono)
Pengertian komputer berasal arti bahasa Inggris, yaitu “To Compute”
yang artinya menghitung atau hitung, sehingga dalam bahasa Indonesia dapat
diartikan sebagai alat untuk menghitung. Namun dari pengertian mengenai
komputer yang sebenarnya adalah seperangkat alat kontruksi elektronika
yang mamapu bekerja secara terkoordinasi dan terintegrasi mampu menerima
data dan mengeluarkan pengolahan data berupa informasi seperti yang kita
inginkan.
Elemen-elemen penting dari sistem komputer dapat dibagi dalam tiga
bagian yaitu:
1. Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat Keras adalah peralatan fisik yang secara langsung
bisa dilihat, dipegang ataupun dapat dipindahkan. Bagian terpenting
dari hardware adalah CPU (Central Processing Unit) yang berfungsi
sebagai pemegang kendali dari jalannya kegiatan komputer yaitu
tempat pengolahan data.
.2. Perangkat Lunak (Software)
Software adalah perangkat lunak yang meliputi perintahperintah
atau intruksi-intruksi yang berisi program serta data yang
melengkapi dan juga mempunyai tugas yang menghubungkan antara
manusia dan perangkat kerasnya.
3 Brainware (Unsur Manusia)
Brainware adalah perangkat bisa keras dan juga bisa lunak.
Dengan penjelasan pemakai atau pengguna adalah benda yang bisa
dilihat dan dipegang sedangkan pemakai juga punya pikiran, maka
pikiran itu yang dikatakan perangkat lunak. Orang yang menjalankan
program komputerisasi mulai pencatatan sampai menghasilkan
output sesuai dengan diinginkan.

Pengertian Komputer (Olyfia)
Komputer adalah ????
Ditulis pada Nopember 1, 2007 oleh olyfia
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, (lagi…)
Menurut penggunaannya??
Ditulis pada Nopember 1, 2007 oleh olyfia
General Purpose Computer
Komputer yang umum digunakan pada setiap hari, juga bisa disebut sebagai general-purpose computer, dimana bisa digunakan untuk menyelesaikan pelbagai variasi pekerjaaan. (lagi…)
Menurut Kapasitas nya???
Ditulis pada Nopember 1, 2007 oleh olyfia

Komputer Mikro (Personal Computer)
Pada awalnya, komputer jenis ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan per-orangan (personal). Kebutuhan per-orangan dalam hal menyimpan ataupun memproses data, tentunya tidak sebanyak kebutuhan sebuah perusahaan. Dikarenakan hal tersebut, kemampuan dan teknologi yang dimiliki oleh Personal Komputer pada awalnya memang sangat terbatas.
(lagi…)
Menurut Data olahannya????
Ditulis pada Nopember 1, 2007 oleh olyfia
Data yang diolah oleh komputer jenisnya sangatlah banyak. Ada data yang berujut gambar, suara, huruf, angka, keadaan, simbol ataupun yang lainnya lagi. (lagi…)

Pengertian Komputer (Renati Winong Rosari)
Komputer Merupakan benda multifungsi yang sangat mempengaruhi aktivitas manusia. Berbagai segi kehidupan, mulai dari hiburan/entertainment hingga bisnis, telah mengalami revolusi cara kerja yang signifikan karena kehadiran komputer.

Komputer kini telah hadir di setiap rumah dan kantor, bahkan karena kemajuan teknologi, komputer mobile yang dapat dibawa kemana-mana pun sudah banyak ditemukan. Sebuah laptop dan desk note standar yang memiliki fitur networking kini dapat dimiliki dengan harga sekitar 7 hingga 10 juta, sebuah angka yang sangat terjangkau bagi masyarakat Indonesia.

Sebuah komputer secara defakto menjadi bagian yang sulit dipisahkan dari kehidupan manusia. Tren perkembangan teknologi yang sangat cepat memastikan bisnis komputer akan semakin menarik di masa depan.

Komputer (hardware) dibuat sebagai alat bantu untuk menyelesaikan masalah. Permasalahan apa pun dapat diselesaikan menggunakan bantuan komputer, asalkan langkah-langkah penyelesaian disusun dengan baik dan dimengerti oleh komputer. Pihak yang menyusun algoritma adalah manusia (brainware), sementara algoritma yang sudah disusun akan dibuat dalam sebuah bahasa pemrograman dan demasukkan ke dalam komputer (software). Apabila hardware, software, dan brainware terintegras, maka akan terbentuk sistem komputer yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah.

0 komentar:

Poskan Komentar